Rabu, 07 Agustus 2019

Kucing Dekat Agar Kita Ingat




Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil no. 173 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Suatu ketika saat Rasulullah ingin berwudhu beliau melihat ada kucing yang sedang minum dalam bejana air wudhu nya tersebut, Rasulullah terhenti sejenak hingga kucing itu selesai minum baru beliau berwudhu dengan air yang sama.


Disaat yang lain ketika Aisyah diberi semangkuk bubur yang dia sempat lupa, bubur itu sebagian nya dimakan kucing. Melihat hal tersebut Aisyah lalu membersihkan bagian yang disentuh kucing dan memakannya.

Kucing itu hewan yang dekat dengan manusia, berkeliaran disekitaran rumah dan memliki beberapa keistimewaan ilmiah sesuai riset para ahli. Binatang lucu nan manja ini juga adalah hewan kesayangan Rasulullah SAW.



Sedih rasanya bila mengetahui ada manusia yang dengan sengaja menganiaya hewan kesayangan Rasulullah SAW itu. Padahal kucing itu dekat agar kita ingat bagaimana manusia paling mulia, Rasulullah SAW memperlakukan kucing dengan akhlak terbaik. Bahkan hingga ada ancaman bagi mereka yang mendzalimi nya.

Dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR. Bukhari).

Menyayangi dan berbuat baik pada hewan merupakan salah satu perbuatan terpuji sebagaimana yang Allah SWT perintahkan dan Rasulullah SAW ajarkan. Termasuk menyayangi dan berbuat baik pada kucing yang ternyata juga adalah hewan kesayangan Rasulullah SAW.

“Dan sesungguhnya pada hewan hewan ternak benar benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya dan juga hewan hewan itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu”.  (QS Al Mu’minun : 21).

Setiap perbuatan baik yang Allah SWT perintahkan dan Rasulullah SAW ajarkan pasti mempunyai hikmah dan manfaat besar bagi kehidupan manusia. Oleh karenanya marilah bersikap baik pada kucing, jika belum bisa menyayangi nya setidaknya jangan kasar dan menganiaya nya.



4 komentar:

Hagia Sophia dan Janji Allah

Hagia Sophia dan Janji Allah Syarif Taghian dalam bukunya, Erdogan: Muadzin Istanbul Penakluk Sekularisme Turki mengisahkan saat Erdogan dit...